Selasa, 29 Maret 2011

Budidaya Daphnia sp.

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Pakan ikan diklasipikasikan menjadi 2 macam yaitu : pakan alami dan pakan buatan. Secara kualitas organisme pakan alami belum bisa diganti sepenuhnya dengan pakan buatan untuk ikan stadia larva, hal ini disebabkan pakan alami lebih mudah dicerna oleh larva juga bentuk dan ukuran yang sesuai dengan bukaan mulut ikan. Daphnia dapat bergerak- gerak sehingga menarik perhatian larva ikan untuk memekannya. Daphnia juga lebih suka berada di permukaan air serta mudah dalam penyediaannya. Bagi para peternak ikan pemberian pakan ikan sulit sekali di simpan ( karna tidak tahan lama ) sedangkan stadia larva bagi ikan merupakan masa paling kritis dalam siklus hidupnya, tingginya mortalitas pada stadia lava ikan disebabkan beberapa faktor :
• Serangan penyakit/ mikroorganisme patogen yang mengganggu,
• Kualitas air yang kurang baik,
• Serta ketersediaan pakan alami yang kurang mencukupi ( baik gizi maupun jumlahnya).

Upaya untuk mengatasi atau menekan mortalitas larva ikan adalah : dengan menyediakan pakan yang cukup, baik dalam jumlah maupun mutunya ( jenis, ukuran, dan kemurnian ).
Daphnia sp adalah : jenis pakan alami yang sering digunakan untuk pemenuhan pakan ikan air tawar pada usia larva dan industri ikan hias. Hewan ini termasuk pada sub ordo clodocera, yaitu : jenis crustacea yang berukuran kecil, sebutan lain daphnia adalah kutu air.

Keunggulan dahnia sp sebagi pakan alami untuk benih dan ikan hias air tawar potensial adalah :
1. Mudah di cerna oleh benih ikan sebab mengandung enzim pencernaan yang berfungsi untuk menghancurkan diri-sendiri.
2. Pemberian daphnia sp, yang hidup tidak menyabakan penurunan kualitas air
3. Kandungan asam amino esensial pada daphnia sp, hampir mirip dengan artemia sehingga nilai nutrisinya tinggi.


1.2 Tujuan

 Mahasiswa mampu mengidentifikasi daphnia pada mikroskop.
 Mahasiswa mampu menyediakan wadah dan media yang akan digunakan untuk identifikasi daphnia sp.
 Dapat menunjukan bagian-bagian luar dari daphnia dengan benar.
 Dapat menambah pengetahuan dan keterampilan.
 Meningkatakan wawasan dari aspek-aspek yang potensial dalam dunia perkuliahan sebagai dasar pengaplikasian dalam kerja.
 Menumbuhkembangkan dan memantapkan sikap professional dalam berorganisasi, disiplin, praktek dan lain-lain.



BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
Pada usaha pembenihan dan pendederan ikan pakan alami masih mendominasi kebutuhan pakan ikan. Tanpa pakan alami ikan yang dibudidayakan akan mati karena pada usia tersebut larva ikan belum memiliki saluran pencernaan yang lengkap, bukaan mulut yang masih sangat kecil, gerakannya lambat, dan membutuhkan zat gizi yang sangat lengkap. Hal tersebut semua terdapat didalam pakan alami.
Pakan alami yang dapat diberikan pada ikan sangat banyak jenisnya, didalam modul ini akan dipelajari tentang pakan alami Daphnia. Daphnia merupakan salah satu jenis pakan alami yang berasal dari perairan tawar yang dapat dimakan oleh ikan hias dan larva ikan konsumsi lainnya. Daphnia sangat mudah dibudidayakan agar ketersediannya secara kontinu dapat dilakukan. Dengan mempelajari modul sisdiklat ini diharapkan dapat melakukan budidaya daphnia secara massal agar ketersediaan pakan alami selalu ada.
Daphnia merupakan pakan alami yang berukuran kecil yaitu 0,2 -0,3 mm. Dengan ukurannya yang kecil akan sangat mudah bagi larva ikan untuk memangsanya, selain itu gerakan daphnia sangat lambat sehingga mudah ditangkap oleh larva ikan yang belum aktif berenang.

2.1 Biologi dan Reproduksi
Daphnia sp adalah : udang – udangan renik yang hidup di air tawar khususnya kolam atau danau, serta dapat hidup di daerah tropis dan subtropis. Kehidupan daphnia sp di pengaruhi oleh beberapa faktor ekologi perairan yaitu : PH = 6,6 – 7,4 C, dan SUHU = 22 -31 C.
Oxygen terlarut lebih dari 2 ppm, dan dapat juga hidup jika kandungan oxygen yang berpariasi: hampir 0 sampai lawat jenuh. Daphnia dapat juga hidup jika perairannya miskin oxygen disebabkan kemampuan mensintesis hemoglobin. Naiknya oxygen juga disebakan oleh naiknya suhu atau tingginya padat populasi kadar DO yang baik untuk daphnia sp adalah 4,20 – 5,10 ppm.
Daphnia sp sebagai hewan air juga dikenal dengan kutu air (water please). Adapun klasifikasi daphnia sp, adalah sebagai berikut :

philum : Artropoda
kelas : crustacea
subkelas : branchiopoda
divisi : oligobrarchiopoda
ordo : cldocera
famili : daphnidae
genus : Daphnia
spesies : Daphnia sp.
2.2 Ciri – Ciri
Bentuk tubuh dari daphnia sp. Yaitu panjang, segmen badan tidak kelihatan pada bagian ventral kepala terdapat paruh, dan pada bagian dorsal bersatu. Kepala terdapat lima pasang opendik yaitu : antena pertama dan antena kedua yang berfungsi sebagai alat gerak, tiga pasang terakhir adalah bagian dari mulut. Tubuh ditutupi cangkang dari kutikula yang mengandug khitin yagn trasparan. Pada ujung post abdomen terdapat dua kuku yang berduri kecil.
Perkembangan daphnia sp. Yaitu secara asseksual / parthenogenesin dan secara seksual / kawin.
a. Parthenogenesis
Menghasilkan individu muda betina. Telur dierami di dalam kantong pengeraman hingga menetas. Anak daphnia dikeluarkan pada waktu molting. Kondisi yang baik tidak hanya dapat menghasilkan individu betina tetapi jantan juga. Bila kondisi buruk individu betina menghasilkan 1-2 buah telur istirahat atau ephipium, populasi jantan pada kondisi ini memiliki perbandingan 1 : 27.
b. Seksual
Karna adanya individu jantan populasi yang berproduksi akan membentuk efipia atau ” egg resting” atau sistem yang akan menetas jika kondisi perairan baik.
Kebiasaan makan daphnia dengan cara membuat aliran pada media yaitu : menggerak-gerakan alat tambahan yang ada di mulut. Gerakan ini dapat menimbulkan arus air yang membawa makanan, makanan yang sampai di mulut akan di telan bulat-bulat tanpa di pilih. Makanan daphnia berupa : bakteri, phytoplankton dan dentritus (sisa-sisa bahan organik yang akan menghancur).
Pembibitan
Untuk mendapatkan bibit, dapat memintanya pada peternak kutu air. Misal : panti pembenihan udang galah, atau balai budidaya air tawar, waduk, danau, telaga, rawa, dan lain-lain. Untuk mengamati ada tidaknya kutu air seperti daphnia, kita dapat menggunakan lempengan putih yang kita benamkan dalam air, sehingga daphnia akan terlihat seperti kumpulan awan yang bergerak. Pengamatan lebih mudah bila dilakukan pada pagi hari yang cerah.

Budidaya Masal
 Wadah dan media
Wadah yang digunakan : bak semen, bak plastik, bak kayu, bak”fiberglass” denganukuran 1 ton (1 m3). Media yang digunakan: kotoran ayam kering yang dilarutkan kedalam 90 L/10 kg. Larutan tersebut kita rendam 5-10 hari.
Pemupukan satu terdiri dari larutan kotoran ayam 1000 ml / ton dan bubuk bungkit kelapa 200 g / ton. Kedua pupuk di campur kedalam kantong gamdum lalu diikat dan diperas berulangkali sampai cairanya tuntas dan masuk kedalam bak pemeliharaan.
Untuk bak kita isi air tawar 60 cm, beri airasi per 2,5 m2 dengan suhu 27 oC – 30 oC. Selama pemelihaaraan kita dapat melakukan pemupukan susulan 1-2 kali dengan jumlah ¼ – ½ dari pemupukan awal.
 Pemasukan Bibit
Pemasukan dilakukan selang 18 – 24 jam sesudah pemupukan awal yang berpungsi agar bibit tidak banyak yang mati. Padat penebaran 30 ekor / Liter. Bila kurang akan mengalami perkembangan yang kurang pesat, bila lebih maka terjadi pemborosan.

Gambar daphnia.sp yang sudah bisa digunakan untuk bibit, supaya menghasilkan anakan yang baik.
Sebiknya bibit dafhnia tidak berasal dari bak pemelihaaraan yang kepadatnya rendah atau sedang menurun. Serta jangan berwarna pucat dan sedang bertelur.
 Pemeliharaan Dan Perawatan
Kita adakan pengamatan yang teratur yaitu: mula – mula air di aduk, laluambil sebanyak tiga kali pencidukan dengan gelas piala kecil. Unuk penghitungan, tuangkan kedalm petridis dan hit, dan pipet. Nilai rata-rata dapat kita gunakan untuk mencari kepadatan rata-ratanya per mili meter.
Kosentrasi makanan dalam air media perlu kita amati dengan jalan melihat warnanya, warna yang baik adalah coklat kepucat-pucatan. Bila dafhnia menggerombol dipermukaan berarti mutu air medianya menurun. Dafhnia yang mencapai 3000 – 5000 ekor / liter mempunyai pemeliharaan yang baik dalamwaktu 7 -10 hari. Jika lwbih dari 10 hari dan jumlahnya 3000 ekor / liter sebaiknya kita panen.
BAB III
METODELOGI

3.1 Waktu dan Tempat
Adapun waktu dan tempat pelaksanaan praktikum mata kuliah Reproduksi Biota Air tentang ” Identifikasi Daphnia. Sp ” adalah sebagai berikut :
Waktu : Kamis, 13 Maret 2008.
` Jam : 10.00 – 11.00 WIB.
Tempat : Laboratorium Departemen Budidaya Perairan VEDCA.

3.2 Alat Dan Bahan
3.2.1. Alat :
 Seser halus
 Gelas Ukur
 Mikroskop
 Monitor
 Cover glass
 Preparat
 Spuite
 Pipet sample

3.2.2. Bahan :
 Daphnia sp.
 Tissue
 Air media


3.3 Langkah Kerja

Adapun langkah kerja yang telah dilakukan dalam praktikum, adalah sebagai berikut :
 Siapkan alat dan bahan yang akan digunakan.
 Tangkap Daphnia sp. Pada kolam pemeliharaan dengan menggunakan seser halus secara pelan-pelan dan hati-hati.
 Ambil sample dengan mengguanakan pipet kemudian diteteskan pada preparat yang telah disiapkan sebelumnya kemudian diamati.
 Catat dan gambar hasilnya lalu buat laporan hasil praktikkum.


BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN

4.1 Hasil
Berdasarkan praktikum yang telah dilaksanankan, dalam pemantauan Daphnia.sp di bawah mikroskop, maka di proleh hasil berupa gambar-gambar, adalah sebagai berukut :

1 komentar: